Senin, 15 Maret 2021

SUPERVISI KLINIS & IMPLEMENTASI DI LEMBAGA PENDIDIKAN

 



SUPERVISI KLINIS 

IMPLEMENTASINYA 

DI LEMBAGA PENDIDIKAN


Supervisi itu adalah proses pembinaan yang berupa tuntunan yang mengarah ke perbaikan supaya lebih baik lagi dan tambah berkembang atau maju.

Supervisi Klinis itu adalah pembinaan mengenai rangkaian kegiatan dalam membantu pimpinan atau kepala sekolah dalam mencapai target, dalam dunia pendidika supervise klinis itu pembinaan kepada pengajar atau calon guru untuk pemantapan dalam proses mengajar dikelas , seperti adanya pelatihan guru-guru atau parenting sehingga skill atau kemampuan seorang pengajar di asah dalam proses belajar mengajar.

Tujuan diadakan supervise klinis di Lembaga Pendidikan seperti, menciptakan kesadaran guru tentang tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan kualitas proses pembelajaraan , membatu guru lebih berkreatif dan inovatif dalam proses belajar mengajar, serta membantu memecahkan masalah kendala apa saja mengenai proses belajar mengajar sehingga dengan itu bias membantu secara tidak langsung dengan adanya perkumpulan guru-guru dengan sharing atau masukan .

 

Impelemtasinya Supervisi di Lembaga Pendidikan masih sering menemui kendala seperti pengadaan calon supervisor yang kurang tepat, kreatifitas supervisor yang masih rendah, serta fasilitas pendukung pembelajaraan yang tidak merata. Serta juga dalam supervise klinis kebanyakan mencari kelebihan dan kelemahan saja sehingga dapat menimbulkan yang seperti diatas. Jadi seharusnya seorang supervisor itu professional yaitu jeli membaca masalah, menganalisis, menguraikan factor penyebaban dengan solusi yang efektif , kreatif, kritis, inovatif dan produktif.


By Isvihana

2020.5.6.1.00125

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


 

 

 

0 komentar:

Posting Komentar